Jumat, 12 April 2013

Cara Menjalankan Program Pascal

Bagai mana cara menjalankan program pascal?sesuai dengan mata kuliah yang saya tempuh,saya mempelajari program pascal baik itu di praktikum penunjang seperti ilab maupun mata kuliah lokal yang berhubungan dengan pemerograman,awalnya saya sempat bingung bagai mana menjalankan program pascal....?bahkan sudah saya ikutin prosedurnya percis sama seperti dr contoh modul ilab namun program buatan saya tidak kunjung jalan.



Akirnya setelah saya browsing browsing kembali dari beberapa smber akirnya saya bisa menjalankan program sederhana.

Berikut coddingannya

Pogram yang menampilkan output hello world:
begin
   writeln('hello world');
end.

Program Penghitung Luas Segitiga:

var
   p,l,t,v:integer;
begin
   writeln('Masukkan nilai panjang');
   readln(p);
   writeln('Masukkan nilai lebar');
   readln(l);
   writeln('Masukkan nilai tinggi');
   readln(t);
   v := p * l * t;
   writeln(v);
   readln;
end.
 
jadi pada kesimpulannya dalam pemrograman pascal itu 
ada beberapa hal penting di antaranya:
-isi program di awali dengan kata BEGIN dan di akhiri dengan kata END. 
jangan lupa di ikuti dengan operator "." pada akir kata END
-setiap statmen program harus di akiri dengan tanda ";"  (tanpa tanda kutip)
-jika ingin di berikan sebuah variable jangan lupa untuk
 mendeklarasikan variable tersebut,apakah variabel it berupa
 integer(angka yang tidak memiliki titik decimal)real
(angka yang memiliki titik decimal)
ataupun string(yaitu berupa gabungan dari karakter).
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar