Senin, 10 November 2014

WBS

·         Pengertian WBS
          WBS adalah proses hierarkis yang membagi pekerjaan proyek menjadi elemen-elemen pekerjaan yang lebih kecil.Penggunaan WBS membantu meyakinkan manajer proyek bahwa semua produk dan elemen pekerjaan yang telah diidentifikasi dan WBS digunakan sebagai basis pengendalian.Sebenarnya, WBS prinsipnya Work Breakdown Structure (WBS) adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan), alasan perlunya WBS adalah :
1.      Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggota untuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal.

2.      WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan.

·         ManfaatWork Breakdown Structure (WBS) : 

1.      Mengurangi kompleksitas
2.      Fasilitas penjadwalan dan pengendalian
3.      Estimasi Biaya (Cost Estimation)
4.      Penyusunan anggaran (Cost Budgeting)
5.      Perencanaan manajemen Risiko
6.      (Risk Management Planning)
7.      Identifikasi aktivitas(Activity Definition)




                                                    Gambar  1. Gambaran Umum WBS




Gambar 2. Gambar Umum WBS Penelitian Ilmiah Informasi Modifikasi Sepeda Motor




Dari gambar 2 diatas dapat disimpulkan bahwa pada level 0 yaitu berupa judul dari projek penulisan ilmiah, kemudian pada level 1 terdapat 3 komponen yaitu Projek service, Hardware dan Software dari ketiga komponen tersebut berisi mengenai rincian dari service yang akan kita berikan dalam projek kita nantinya, kemudian pada komponen hardware terdapat hardware yang menjadi rincian spesifikasi minimum untuk membuat projek ini dan pada komponen Software  terdapat software yang menjadi rincian software apa yang menjadi syarat minimum dalam menjalankan projek ini.

Seperti yang telah kita ketahui, WBS itu mempunyai elemen penting dari sebuah perancanaan. Karena dapat memberikan kerangka tentang :

1. Penggambaran program sebagai ringkasan dari bagian-bagian yang kecil.
2. Pembuatan perencanaan.
3. Pembuatan network dan perencanaan pengawasan.
4. Pembagian tanggung jawab.
5. Penggunaan WBS ini memungkinkan bagian-bagian proyek terdefinisi dengan jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar